Latar Belakang: Sekilas ITS EcoCampus

Latar Belakang: Sekilas ITS EcoCampus



Tahukah Anda apa yang terjadi di ITS?

Listrik 500jt/bln, Air 300jt/bln, Limbah 150kg/hari

Aktivitas di kampus ITS membutuhkan sarana dan prasarana guna menunjang akademik seperti sarana jaringan instalasi listrik, instalasi telepon, dan instalasi air bersih. Selain itu aktivitas di kampus juga menghasilkan limbah, baik limbah padat berupa sampah maupun limbah cair yang memerlukan pengolahan.

Jaringan Instalasi Listrik

Jaringan listrik di ITS melayani kebutuhan akademik baik untuk pengajaran, penelitian dan aktivitas perkantoran, aktivitas penunjang lainnya. TAHUKAH ANDA?  Dalam satu tahun total konsumsi energi listrik di ITS adalah 8. 687.480 kWh/tahun atau rata-rata 724.000 kWh/bulan. TAHUKAH ANDA? biaya yang dibayarkan ITS adalah Rp. 500.000.000/bulan atau 6 Miliyar/Tahun. Selain itu konsumsi listrik ini setara dengan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 3.650.000 kg CO2/tahun (Yanto, Puri dan Assomadi, 2011).

Jaringan Instalasi Air Bersih

Instalasi air bersih di ITS, memegang peranan sangat penting dalam kegiatan akademik seperti kegiatan laboratorium. Kegiatan penunjang juga banyak membutuhkan air bersih. TAHUKAH ANDA? dalam satu bulan total  biaya yang dibayarkan oleh ITS adalah untuk air bersih adalah Rp. 300.000.000/bulan atau 3.6 Miliyar/Tahun.

Produksi Sampah

Sampah yang dihasilkan dari aktivitas akademik maupun non-akademik di ITS berkorelasi dengan jumlah civitas akademika serta kegiatan yang ada di dalamnya. TAHUKAH ANDA? sampah yang dihasilkan dari kegiatan akademik di ITS yang sudah tertangani setara dengan 2 bak kontainer sampah dengan kapasitas 6 m3/hari atau 2.200 m3/bulan. TAHUKAH ANDA? Sampah kertas di ITS yang dihasilkan dari kegiatan akademik rata-rata 150 kg/hari atau 4.5 ton/bulan setara dengan menebang pohon sebanyak 108/bulan (1 ton kertas setara dengan 24 pohon)
Ini adalah FAKTA yang terjadi di ITS. Masih banyak hal yang perlu diperhatikan di ITS tercinta ini terkait dengan kepedulian kita terhadap lingkungan. Selain konsumsi listrik, air dan sampah, maka penghijuan kampus, pengaturan lalu lintas di kampus, green building atau bangunan ramah lingkungan juga merupakan hal yang perlu mendapat perhatian untuk wujudkan ITS yang peduli akan lingkungan.