ITS Menuju ECO-Campus

ITS Menuju ECO-Campus



ITS MENUJU ECO-CAMPUS

LATAR BELAKANG

Pengelolaan kampus yang berkesinambungan dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan merupakan suatu keharusan saat ini. Permasalahan seperti perubahan iklim, pencemaran air, udara, dan tanah, krisis air, energi, dan sumber daya alam, serta berkurangnya lahan hijau merupakan isu lingkungan global yang merupakan masalah nyata di sekitar kita termasuk dalam kehidupan kampus.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkomitmen untuk berperan aktif dalam pegembangan ilmu dan teknologi serta penerapan gaya hidup yang berwawasan lingkungan. Untuk itu seluruh civitas akademika ITS termasuk dosen, karyawan dan mahasiswa wajib berperan aktif dalam menciptakan kampus yang berbudaya lingkungan.

DEFINISI ECO-CAMPUS

Menurut Badan Lingkungan Hidup (BLH) Surabaya (2011), eco-campus didefinisikan sebagai kampus yang telah peduli dan berbudaya lingkungan dan telah melakukan pengelolaan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan. Eco-campus merupakan refleksi dari keterlibatan seluruh civitas akademika yang berada dalam lingkungan kampus agar selalu memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan di sekitarnya.

Beberapa indikator terciptanya eco-campus antara lain adanya kebijakan manajemen kampus yang berorientasi pada pengelolaan lingkungan, adanya upaya penghematan air, kertas, dan listrik, adanya penghijauan untuk mencapai proporsi ideal Ruang Terbuka Hijau (RTH), tersedianya bangunan/gedung ramah lingkungan, terpeliharanya kebersihan dan kenyamanan lingkungan, terciptanya kampus tanpa rokok dan bebas polusi, terselenggaranya pendidikan lingkungan bagi mahasiswa, serta adanya kepedulian dan keterlibatan seluruh elemen civitas akademika dalam budaya peduli lingkungan.

Untuk mencapai indikator-indikator yang sangat komprehensif tersebut diperlukan tindakan nyata yang berkesinambungan dan bukan sekedar ceremonial atau event belaka. Untuk itu, perubahan pola pikir seluruh civitas akademika dalam menyikapi dan memperlakukan lingkungan secara benar merupakan langkah awal yang perlu terus diupayakan.

1. Program Evaluasi dan Revitalisasi Masterplan ITS berbasis Eco-Campus

Sejalan dengan komitmen ITS untuk menciptakan kampus yang peduli dan berbudaya lingkungan, maka akan dievaluasi dan direvitalisasi master plan pengembangan ITS berbasis eco-campus, seperti desain standar green building, desain green infrastructure, dan perbaikan jaringan drainase. Desain ini akan dikembangkan melalui beberapa penelitian yang melibatkan berbagai bidang ilmu di ITS

• Pembuatan desain standar Gedung yang berkonsep greenbuilding
• Pembuatan desain infrastruktur yang berkonsep greenbuilding
•Perbaikan system drainase dengan perbaikan kualitas air permukaan
• Pilot project Greenbuilding
 

2. Program Socio Engineering - Implementasi Eco-Campus Terpadu

Keberhasilan pencapaian eco-campus tidak hanya ditandai dari pencapaian fisik, namun lebih pada perubahan attitude dan mindset seluruh elemen civitas akademika ITS terhadap lingkungan. Untuk itu perlu dilakukan perubahan mendasar pada sikap dan pola pikir seluruh civitas akademika ITS melalui program socio engineering. Terciptanya sikap dan pola pikir yang pro terhadap lingkungan akan mengkondisikan dan mendorong pelaksanaan program eco-campus secara sistematis dan berkelanjutan. Dalam jangka panjang pola pikir dan sikap tersebut akan merupakan salah satu atribut lulusan ITS yang pada akhirnya akan berpengaruh besar terhadap terciptanya kepedulian dan budaya lingkungan di Indonesia, di manapun alumni ITS melakukan perannya. Program socio engineering tidak hanya ditujukan untuk perubahan sikap dan pola pikir, namun juga ditujukan untuk mengenalkan konsep, pemikiran, serta peluang keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam program eco-campus. Rancangan program socio engineering jangka panjang ditunjukkan dalam Gambar 1. Rancangan tersebut mengadopsi konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA) yang digunakan dalam sistem manajemen modern. Beberapa bentuk kegiatan yang direncanakan dalam program socio engineering antara lain adalah sosialisasi dan kampanye eco-campus, desain materi dan pembelajaran untuk mahasiswa S1-S2-S3 mengenai lingkungan, eco-campus, dan sustainability, pelaksanaan seminar-seminar bertema lingkungan dan keberlanjutan, kampanye pemisahan sampah, lomba ide dan inovasi penghematan air, listrik, kertas, dan ATK di seluruh jurusan di ITS, lomba penerapan eco-campus di tiap unit kerja, serta lomba-lomba lain seperti lomba eco-quote yang bertujuan meningkatkan partisipasi seluruh elemen civitas akademika dalam pelaksanaan eco-campus. Contoh tipikal lomba eco-quote yang akan dilaksanakan dalam rangka Gugur Gunung (G2) ITS dapat dilihat pada Gambar 2. Lomba tersebut bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi bagi warga kampus terhadap lingkungan dan program eco-campus. Selain itu, pada tanggal 20 Oktober 2011, sejalan dengan kegiatan Dies Natalis ITS yang ke-51, akan dilaksanakan seminar integral “ITS on Climate Change”. Seminar ini ditujukan untuk mengintegrasikan penelitian dengan fokus perubahan iklim dan mitigasinya yang dilakukan jurusan, laboratorium, dan pusat studi di lingkungan ITS. Dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan ITS dapat lebih berperan dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan yang bersifat lokal, nasional, dan global.

Kegiatan:

Socie Enginering

•Program Gugur Gunung (G2) ITS
•Sosialisasi dan Kampanye Eco Campus
•Lomba Jargon & Logo Eco Campus
•Kampanye Pemisahan Sampah
•Lomba Ide & Inovasi Penghematan Listrik dan  Air
•Lomba Ide & Inovasi Penghematan ATK
•Sosialisasi Uji Emisi
 

3. Program Sistim Pergerakan Internal yang Aman, Nyaman, Sehat, Manusiawi

Program ini terdiri atas pembuatan jalur sepeda yang terintegrasi dengan moda transportasi yang lain, pembuatan jalur pedestrian yang nyaman dan integrated, pembuatan rambu (signage) yang informatif dan estetis, pengelolaan bike share atau sepeda bersama dalam kampus, perbaikan geometric, median, dan pulau jalan, serta kampanye safety riding bagi warga ITS. Untuk menyediakan sistem pergerakan yang nyaman dan sehat, akan dilakukan pula uji emisi gas buang kendaraan bermotor secara rutin. Dengan program ini diharapkan suatu saat semua kendaraan yang melintas di ITS telah memenuhi baku mutu emisi untuk peningkatan kualitas udara ambien. Saat ini ITS telah memiliki alternatif jalur sepeda (bike line) serta parkir sepeda di beberapa jurusan. Pengembangan yang lain melalui berbagai penelitian untuk sektor transportasi dan tata ruang akan diintegrasikan dengan program ini.

•Tes emisi gas buang setahun sekali bagi seluruh kendaran yang rutin masuk ke kampus.
•Pembuatan jalur dan rak parkir sepeda yang terintegrasi dengan sistim transportasi (mobilitas) yang lain
•Pengelolaan bike share/sepeda bersama dalam kampus
•Pedestrian ways yang  nyaman dan integrated
•Pembuatan rambu (signage) yang informatif dan estetis, serta marka jalan,
•Perbaikan geometric, median dan pulau jalan
•Kampanye Safe Riding
 

4. Program Peningkatan Efisiensi Pemakaian dan Kualitas air

Peningkatan efisiensi pemakaian air akan dilaksanakan dengan menekan tingkat kebocoran air melalui rehabilitasi dan revitalisasi jaringan air bersih, melakukan meterisasi pasokan air di setiap jurusan, serta merencanakan pengembangan sarana dan prasarana yang menunjang penghematan air. Program water reuse atau pemanfaatan kembali air limbah domestik serta pengelolaan limbah cair laboratorium akan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas air di lingkungan ITS.

•Revitalisasi jaringan air bersih
•Meterisasi Suplai air tiap jurusan
•Program water reuse/pemanfaatan kembali air limbah
•Peningkatan kualitas air permukaan
 

5. Program Peningkatan Efisiensi Energi Listrik

Penghematan energi listrik di ITS akan dilaksanakan dengan rekonfigurasi jaringan dan meterisasi listrik di tiap jurusan, otomasi penggunaan energi listrik di kelas, dan pengaturan penerangan umum. Kebijakan internal ITS telah mewajibkan pengaturan suhu pendingin ruangan yang tidak boleh lebih rendah dari 250C serta kebijakan penggantian bertahap peralatan listrik dengan peralatan yang hemat energi. Berbagai penelitian yang melibatkan berbagai displin ilmu juga telah dilakukan terkait dengan penggunaan renewable energy. Penelitian di bidang ini merupakan salah satu tema penelitian unggulan ITS.

•Rekonfigurasi Jaringan dan  Meterisasi Listrik berbasis Jurusan
•Otomasi penggunaan optimal energi listrik di kelas
•Timerisasi Penerangan umum
•Penggantian bertahap peralatan hemat energy
 

6. Program Pengelolaan Sampah Terpadu

Pengelolaan sampah akan dilaksanakan dengan program pembuatan composting center yang akan diterapkan untuk mengelola sampah yang dihasilkan dari kegiatan di ITS. Penyiapan manajemen pengelolaan sampah secara terpadu serta penerapan berbagai kebijakan terkait dengan pengelolaan sampah secara mandiri di lingkungan kampus juga merupakan bagian dari pengelolaan sampah di lingkungan ITS. Pengabdian masyarakat untuk program ini juga dilaksanakan melalui kerjasama dengan masyarakat sekitar kampus dalam hal pemanfaatan material daur ulang dari sampah.

•Pembuatan Komposting Center
•Penyiapan Manajemen Pengelolaan sampah
•Kerjasama dengan masyarakat dalam pemanfaatan  material daur ulang
 

7. Program Penghijauan Hutan Kampus Terpadu

Program penghijauan akan dilaksanakan dengan penanaman hutan kampus berdasarkan fungsi konservasi dan budidaya terutama untuk tanaman langka spesifik yang dapat tumbuh di ITS. Tanaman yang dikembangkan ini akan merupakan ciri khas kampus ITS. Pengembangan juga akan dilaksanakan dengan peremajaan pohon atau tanaman, penanaman pembatas lahan ITS atau border dengan tanaman yang massive, serta desain penyemaian tanaman atau nursery khusus untuk kampus ITS.

•Penanaman Hutan Kampus (Ruang Terbuka Hijau) berdasarkan fungsi:
•Peremajaan pohon/tanaman
•Penanaman pembatas lahan ITS/border dengan tanaman yang massive
•Penyemaian tanaman/nursery untuk kampus ITS
•Pengembangan Live Laboratory untuk rencana Kompleks Diklat ITS Buncitan
 

8. Program Pembuatan Wahana Transportasi Internal Kampus Ramah Lingkungan

Untuk mengembangkan alat transportasi ramah lingkungan yang bersifat masal dan dapat digunakan untuk melayani rute di dalam dan di sekitar kampus ITS, akan dilakukan penelitian terpadu mulai dari pengembangan desain alat transportasi ramah lingkungan, perencanaan sistem manajemen transportasinya, serta pembangunan sarana pendukung kegiatan transportasi masal ramah lingkungan di ITS.

•Penjajagan Kerjasama dengan Instansi dan Industri terkait
•Perancangan Wahana Transportasi
•Pembangunan Wahana Transportasi
•Pengadaaan sarana dan prasarana penunjang

"ITS Smart, ITS Progresif"